Donna Xing Desk

Hobi Menulis? ini 5 Profesi Menguntungkan di Era Digital

Post a Comment


Di era digital ini, persaingan semakin ketat karena semua dituntut untuk lebih kreatif dan menjadi diri sendiri yang unik karena inilah yang akan membedakan dan menjadi nilai jual dari produk/jasa yang kita tawarkan. Jaman sekarang, Kita dituntut untuk menguasai beberapa soft skill yang bisa menghasilkan kepuasan mental dan juga kepuasan materi. Nah salah satu skill itu biasanya adalah hobi yang bisa menghasilkan.

Gambar: Pixabay

Faktanya era digital ini sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki skill yang profesional, unik serta mau terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

salah satu skill yang paling di cari di Era digital ini adalah skill menulis karena di era internet ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan menulis, baik itu menulis konten dengan tujuan pemasaran, branding maupun sekedar curhat saja.

nah apa saja profesi yang bisa menghasilkan dari skill menulis yang dimiliki?
simak di bawah ini ya

berikut adalah 5 profesi menguntungkan di jaman sekarang:

#1. Content Creator

Bagi yang ingin belajar menulis tapi dibayar, ini adalah salah satu profesi yang bisa di pilih, karena profesi ini juga yang paling banyak di cari di perusahaan saat ini, atau bagi yang menyukai kebebasan juga bisa memilih untuk menjadi freelancer bebas karena sekarang juga banyak terdapat platform yang dapat digunakan untuk mendapatkan calon klien.

#2. Copy writer

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa bedanya content creator dan copywriter, sekilas tugas mereka sama saja yaitu Menulis, tapi bagi yang sudah belajar di Impactful Writing ternyata baru tahu kalau kedua profesi ini sedikit berbeda, atau bisa dikatakan saling melengkapi. menurut Kadika founder dari ImpactfulWriting, Copywriting adalah tulisan yang ditujukan untuk menarik perhatian pembaca sedangkan Content writing adalah tulisan yang dibuat untuk memuaskan rasa penasaran para pembaca. Beberapa tugas dari copywriter adalah:
  • membuat headline
  • menyusun konten yang menarik
  • membuat salespage perusahaan atau landing page
  • membuat sales funnel untuk email marketing.
wah seru juga ya, udah nga sabar kan untuk tahu apa saja profesi selajutnya? simak terus ya

#3. Content Marketer

Content marketer lebih berfokus kepada pembuatan konten yang bisa mendatangkan trafiik pengunjung agar dapat menaikkan engagement ataupun menambah database calon prospek, contohnya: membuat konten di Insgtagram, status edukasi di FB, membuat konten yang sedang trend atau menjadi viral.
Tujuan dari tulisan yang dibuat adalah mendatangkan trafik untuk diarahkan ke web ataupun Blog.

#4. Blogger

Pasti sudah banyak yang mendengar profesi yang satu ini dan juga sudah banyak yang menghasilkan dari blog yang mereka kelola.Bahkan ada sebutan seperti Food Blogger atau Travel Blogger karena mereka membahas tema yang sesuai dengan niche mereka yaitu yang berhubungan dengan Kuliner dan Pariwisata.Selain itu, apa saja sih yang bisa di jual di dalam sebuah Blog. Beberapa diantaranya yaitu:
  • Jual Ebook
  • Jual produk atau jasa yang dimiliki
  • Jual tutorial bagaimana membuat Blog
  • Sponsored post dll

#5 Ghost Writer

Dari istilahnya ini cukup unik juga ya, buat yang suka nulis buku atau ingin nulis buku, bisa memilih profesi ini, yaitu menjual karya tulisan kita atas nama orang lain sebagai penulisnya, yaitu orang yang membayar kita, kalau kamu tidak masalah menyerahkan copyright ke orang lain, mungkin ini salah satu profesi yang bisa kamu pilih.

Itulah 5 profesi yang menguntungkan dan banyak dicari di Era Digital saat ini, kamu sudah siap pilih yang mana? Apapun pilihanmu, teruskan semangat menulis mu ya .karena menulis adalah sebuah skill yang dibangun dengan kebiasaan, jadi jika sudah banyak latihan dan terbiasa, pasti tulisanmu akan lebih berdampak.
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment